Selesai mendapatkan tindakan operasi pastinya ada bekas luka yang membekas dan perlu sekali untuk mendapatkan perawatan yang intensif. Hal ini tentu dikarenakan yang namanya luka bekas operasi itu sangat sensitive sekali dan mudah sekali kembali robek atau mungkin jika tidak ditangani oleh tenaga yang professional maka ditakutkan nanti akan mudah sekali untuk terkena infeksi dan bisa saja malah membuat luka menjadi semakin parah dan timbul beberapa penyakit komplikasi yang akan berbahaya bagi tubuh.

Mungkin Anda adalah orang yang sebelumnya telah memiliki pengalaman dalam memberikan perawatan luka pasca operasi. Untuk itu, apabila ingin melakukan perawatan luka pasca operasi di rumah secara mandiri dan tidak menggunakan bantuan pihak tenaga medis tetap ada berbagai macam hal penting dan beberapa pertimbangan serta langkah-langkah yang aman supaya luka bisa segera sembuh dan kering. Karena penting untuk Anda ketahui bahwa luka karena operasi itu susah untuk disembuhkan dan perlu mendapatkan perhatian secara khusus.

Pertimbangan lain tentang alasan kenapa harus melakukan perawatan luka operasi di rumah biasanya adalah masalah biaya. Pada dasarnya jika Anda harus datang ke rumah sakit untuk kontrol dan meminta bantuan tenaga medis untuk merawat luka pasca operasi yang Anda miliki, maka biaya yang harus Anda keluarkan juga pasti akan lebih banyak sampai luka Anda benar-benar kering dan sembuh. untuk itu, supaya biaya tidak terlalu banyak salah satunya adalah dengan merawatnya secara mandiri di rumah dan berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan supaya perawatan aman:

  • Usahakan luka jangan sampai kena air

Pertama adalah Anda harus perhatikan bahwa luka operasi yang Anda miliki jangan sampai terkena air. Hal ini akan sangat buruk bagi luka yang Anda miliki tersebut karena memang akan berdampak pada luka yang akan susah sekali untuk kering. Jadi usahakan jika Anda memilih merawat luka pasca operasi di rumah secara mandiri jangan sampai luka tersebut terkena air. Dan siapkan kasa atau kain untuk membasuh luka Anda jika Anda ingin membersihkan diri.

  • Tangan steril sebelum membersihkan luka

Selanjutnya adalah sebelum Anda membuka luka dan membersihkannya usahakan bahwa tangan Anda tetap steril dan terbebas dari kuman dan bakteri. Tujuannya adalah supaya luka tidak terinfeksi oleh bakteri dan kuman yang berasal dari tangan Anda yang tidak bersih jadi cuci tangan dengan menggunakan sabun dan keringkan tangan terlebih dahulu sebelum Anda membuka perban yang menutup luka. Dan satu lagi setelah selesai membersihkan jangan lupa cuci tangan dengan menggunakan sabun.

  • Jaga kebersihan diri

Ini juga sangat penting untuk menjadi perhatian Anda karena kebersihan diri juga akan membantu untuk luka menjadi lebih cepat sembuh. Jadi usahakan untuk ganti perban dengan setiap hari dan basuh badan Anda dengan handuk basah jadi dengan begitu tubuh tidak kotor dan tetap kering. Tetapi jika memang dokter mengizinkan mandi usahakan untuk mandi terlebih dahulu baru membersihkan luka tersebut supaya luka tidak terkena air.

Langkah-langkah sederhana seperti yang sudah disebutkan di atas itu akan sangat membantu Anda dan juga akan aman meski Anda melakukan perawatan luka atau wound care pasca operasi di rumah secara mandiri. Namun demikian, jika Anda memiliki kemampuan ekonomi yang lebih alangkah lebih baik Anda meminta bantuan pada pihak tenaga kesehatan yang bisa memberikan perawatan luka operasi yang datang langsung ke rumah Anda supaya lebih aman.

By zaki1